Selasa, Mei 14, 2019

Tontaipur Pasukan Khusus Andalan Kostrad TNI AD

Pasukan elite TNI AD seperti Kopassus, Kopaska, Paskhas dan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) sudah familiar di telinga masyarakat. Tapi sebenarnya, TNI AD masih memiliki pasukan khusus lain dengan kemampuan tempur hebat.

Pasukan itu adalah Peleton Intai Tempur (Tontaipur). Tontaipur merupakan pasukan andalan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI AD karena mampu bertempur di darat, laut dan udara. Selain itu, masih banyak kemampuan lain Tontaipur yang mengundang decak kagum. Berikut kemampuannya:

Tontaipur

1. Menyusup ke Daerah Musuh Untuk Mengintai

Tontaipur merupakan pasukan yang ahli dalam dalam pengintaian dan pertempuran jarak dekat. Selain itu, Tontaipur juga ahli menyusup ke wilayah musuh dan mengumpulkan info intelijen, melakukan sabotase, melakukan serangan dadakan, dan lainnya.

Yang perlu ditakuti oleh lawan adalah kemampuan Tontaipur. Mereka ahli dalam pengintaian, dan menghancurkan musuh dalam jarak dekat.
 Tontaipur

2. Bernapas dalam Air atau Lumpur

Secara garis komando, Tontaipur berada di bawah naungan Datasemen Intel Kostrad. Salah satu kemampuan yang cukup istimewa dan harus dikuasai setiap prajurit Tontaipur adalah bersembunyi di dalam tanah dan air selama berjam-jam.

Ketika sedang berlatih mengubur diri dalam tanah atau air bersama-sama perlengkapan tempurnya itu, personel Tontaipur hanya mengandalkan alat bantu pernapasan yang sederhana berupa pelepah daun pepaya atau batang dahan bambu.

Tontaipur

3. Mahir Bertempur dengan Aneka Senjata

Tontaipur merupakan pasukan elite TNI AD. Pasukan ini sangat terlatih untuk melakukan serbuan cepat, intelijen, gerilya dan anti-gerilya serta kemampuan sebagai layaknya pasukan elite.

Salah satu kemampuan yang dimiliki Tontaipur adalah penggunaan senjata tradisional macam Sumpit. Penggunaan sumpit ini berawal dari masa Kolonial. Saat itu sumpit senjata handal untuk pertempuran jarak dekat bagi suku Dayak Kalimantan yang memang memiliki keahlian menggunakan sumpit. Keunggulan sumpit ialah senjata 'silent killer' karena tak berbunyi ketika ditembakkan ke arah musuh.

Tontaipur

4. Dipilih dari Prajurit Terbaik Kostrad

Tontaipur merupakan pasukan yang dipilih dari prajurit terbaik Kostrad. Prajurit Tontaipur dipilih melalui kualifikasi panjang. Mereka terlebih dulu mengikuti pelatihan Cakra sekitar tiga bulan. Yang terbaik akan mengikuti kualifikasi Raider empat bulan. Selanjutnya mereka yang terbaik akan dipilih dalam Taipur yang akan dilatih selama enam bulan.

Selama pelatihan, prajurit Tontaipur akan digembleng secara profesional. Mereka harus mahir dalam pengintaian dan seni tempur di udara, air, dan darat karena pelatihan melibatkan semua bagian pasukan TNI.

Resources
  • Merdeka