Selasa, Maret 31, 2020

Perusahaan Ceko dan Pindad Kerjasama Kirim 23 Ranpur Pandur II ke TNI AD

Pandur II TNI AD
Pandur II TNI AD (Foto: TNI AD)

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan pada tanggal 25 Maret 2020 di situs web czdefence, perusahaan pertahanan Ceko bekerja sama dengan PT. Pindad akan mengirimkan 23  kendaraan lapis baja Pandur II 8x8 untuk TNI AD  sesuai dengan kontrak yang disepakati pada Desember 2019.

Dalam rentang 2021 hingga 2022, TNI AD akan mendapatkan kendaraan lapis baja Pandur II yang dilengkapi dengan turet yang dipersenjatai dengan meriam 30mm. Proyek ini akan dipimpin oleh perusahaan Ceko Excalibur Army yang sebelumnya telah sukses mengirimkan berbagai peralatan militer ke Indonesia. Excalibur Army memproduksi Pandur II di Republik Ceko dengan lisensi.

Pada tanggal 12 April 2019, Kementerian Pertahanan Indonesia memberikan PT. Pindad kontrak senilai $ 80 juta untuk memproduksi 22 kendaraan tempur infanteri Pandur seri II 8x8 yang dinamakan Cobra di Indonesia.

Pandur II versi Indonesia akan dilengkapi dengan modul tempur remot kontrol jarak jauh U30MK.II buatan Elbit Systems, Israel, dipersenjatai dengan meriam otomatis 30mm Northrop Grumman Bushmaster Mk.44 30mm dan dua senapan mesin 7,62mm.

PT. Pindad, dalam kemitraannya dengan Czechoslovak Group, mempromosikan Pandur II 8x8 TNI AD dalam beberapa versi. Pada 2017, PT Pindad menerima empat unit Pandur II dari Republik Ceko, dan melengkapinya dengan persenjataan: dua Pandur II dilengkapi dengan modul tempur Ares REMAX (Elbit Systems) remot kontrol jarak jauh yang dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm, satu kendaraan lainnya dilengkapi dengan modul tempur Sistem Elbit nir-awak Ares UT30MK.II dengan meriam Bushmaster Mk 44 30mm (kendaraan ini didemonstrasikan di IndoDefense 2018, pada November 2018) dan satu kendaraan lainnya dipersenjatai dengan CMI Defense CMI-3105HP turret (Cockerill Series 3000)Belgia. dengan meriam 105mm (menara serupa dipasang pada tank medium Harimau PT.Pindad).

Pandur II TNI AD
Pandur II TNI AD (Foto: TNI AD)

Pandur II TNI AD
Pandur II TNI AD (Foto: TNI AD)

Pandur II adalah versi yang disempurnakan dari kendaraan lapis baja beroda Pandur I APC (Armoured Personel Carrier). Pandur dikembangkan sebagai usaha swasta oleh perusahaan Austria Steyr-Daimler-Puch Spezialfahrzeuge yang sekarang menjadi bagian dari General Dynamics European Land Combat Systems.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Pandur II memiliki dasar roda yang lebih panjang dan modifikasi pada bagian lambung. Paket pelindung kendaraan akan memberikan perlindungan terhadap senjata kaliber kecil 7,62mm. Pandur II juga dapat dilengkapi dengan add-on armor untuk meningkatkan perlindungan balistik terhadap 14.5mm shell piercing di 100m. Opsi lainnya, Pandur II dapat dilengkapi dengan spall liner dan pelindung lapis baja tambahan untuk memberikan perlindungan dari ledakan ranjau.

Pandur II dimotori oleh mesin diesel Cummins ISC 350 yang menghasilkan tenaga 285 hp. Menggunakan transmisi otomatis ZF 6HP 602C, Pandur II memiliki kecepatan 100 km/jam dengan jarak jelajah maksimum 700 km.


Perusahaan Ceko Army Excalibur EXCALIBUR ARMY, anggota CSG, telah menyelesaikan beberapa proyek yang sukses di Asia Tenggara. Diantaranya kontrak tahun 2017 untuk kendaraan jembatan amfibi khusus untuk TNI AD yang saat ini masih berlangsung. Pengiriman terakhir telah dijadwalkan paruh kedua tahun ini. Sebelumnya, Excalibur Army juga mengirimkan peluncur roket Vampire RM-70 bersama dengan dukungan khusus dan kendaraan komando ke Indonesia.