Jumat, November 16, 2018

Rusia Mulai Uji Kostum Anti Gravitasi Pilot Su-57

Su-57

MOSKOW - Rusia dilaporkan mulai melakukan uji coba kostum anti gravitasi kepada pilot-pilotnya yang akan berada di balik kokpit jet tempur generasi kelima Su-57.

Baju anti gravitasi dianggap cocok untuk digunakan oleh pilot jet tempur Su-57.

“Kostum anti-gravitasi untuk Su-57 telah melalui banyak tahapan uji pabrik, dan sekarang mereka berada di tahap akhir - tahap uji penerbangan negara. Pilot uji coba sudah terbang menggunakan peralatan ini,” ujar sebuah sumber di industri pertahanan seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (16/11/2018).

Dia menambahkan bahwa pakaian itu akan masuk ke tahap produksi massal segera setelah tes selesai. Namun sumber itu tidak menyebutkan tanggal untuk penyelesaiannya.

Kostum anti gravitasi, kadang-kadang disebut sebagai g-suit, adalah pakaian terbang yang dikenakan oleh pilot pada tingkat kekuatan akselerasi tinggi.

Kostum ini dirancang untuk mencegah hilangnya kesadaran yang disebabkan oleh penyatuan darah di bagian bawah tubuh saat berada di bawah kecepatan tinggi.

Pembuatan jet tempur Su-57, jet generasi kelima dengan teknologi siluman, dimulai pada awal tahun 2001 dan direncanakan akan digunakan pada 2019, sementara model dengan mesin canggih dijadwalkan tiba pada tahun 2025. Angkatan Udara Rusia berencana untuk mengakuisisi batch pertama dari 12 jet canggih itu di 2019.

Resources
  • Sindonews