Jumat, Juli 20, 2018

3 Senjata Tertua Militer Amerika Serikat

Senapan mesin berat M2

Untuk negara dengan anggaran pertahanan $600 miliar, Amerika Serikat ternyata masih menggunakan senjata tua dalam jumlah yang cukup besar. Senjata-senjata kuno itu tetap militer AS gunakan karena masih bekerja sangat baik, dan tidak ada penggantinya yang lebih baik. Dalam kasus lain, senjata lama tetap digunakan karena kesulitan mengembangkan penggantinya, yang biasanya karena alasan terkait kompleksitas atau biaya.

Kembali ke pertanyaan: "Apa senjata tertua militer AS? Di sini, Artileri akan menampilkan tiga senjata tertua militer AS yang masih beraksi hingga saat ini: senapan mesin berat M2, KC-135 Stratotanker, dan bomber B-52H.

Meskipun salah satu senjata ini sudah ada sejak Perang Dunia I, Pentagon belum berencana untuk membuatnya pensiun dalam waktu dekat.

Senapan Mesin Berat M2

Senapan mesin berat M2

Senapan mesin berat M2 adalah senapan perang Pentagon yang tak terbantahkan, dan tahun 2018 ini M2 sudah berulang tahun yang ke-100. M2 dikembangkan oleh perancang senjata legendaris John Moses Browning, yang juga mengembangkan pistol Colt .45 M1911A1, senapan otomatis Browning Automatic Rifle (BAR). Browning menanggapi permintaan Jenderal John "Blackjack" Pershing untuk senapan mesin berat untuk digunakan dalam parit Perang Dunia I.

Hari ini M2 masih melayani militer dan pasukan coast guard AS. Di Angkatan Darat biasanya digunakan oleh awak kendaraan, termasuk pada tank M1A2 Abrams, sementara Marinir menggunakan versi tripod dan kendaraan. Angkatan Laut dan Angkatan Udara menggunakannya untuk mempertahankan kapal dan pangkalan udara.

M2 adalah senapan mesin berpendingin udara yang menembakkan kaliber .50 dengan 450 hingga 550 putaran per menit, hingga jangkauan 1.250 meter. M2 dapat menembus pelat baja satu inci pada jarak 1.000 meter.

M2 original memiliki berat 85 kilogram, tetapi Angkatan Darat AS saat ini sedang membuat versi M2 yang lebih ringan yang bobotnya akan 20 hingga 30 persen lebih rendah. Meskipun ada sedikit perbaikan pada desainnya, namun M2 tidak pernah diganti dan mungkin akan tetap melayani hingga abad 22.

KC-135 Stratotanker

KC-135 Stratotanker

Selama Perang Dingin, Angkatan Udara AS membeli 732 pesawat komersial Boeing 707 dan mengubahnya menjadi pesawat tanker. Pesawat KC-135 Stratotanker dilengkapi dengan aerial refueling boom dan penyimpanan bahan bakar internal yang cukup untuk mentransfer hingga 32.200 galon bahan bakar untuk jet tempur, pesawat pembom, dan pesawat transportasi. KC-135 juga bisa mengangkut hingga 41,5 ton kargo di dalam kargo internalnya.

Boeing mulai mengirimkan KC-135 pada tahun 1957 dan armada tanker udara ini mendukung pembom strategis AS yang terbang berpatroli melawan Uni Soviet, operasi udara AS atas Vietnam, dan bahkan Operasi Badai Gurun pada tahun 1991.

Angkatan Udara, Cadangan Angkatan Udara, dan pasukan penjaga udara nasional AS hingga saat ini masih menerbangkan 414 KC-135. Meskipun setiap pesawat rata-rata berusia 58 tahun, armada KC-135 akan terus terbang selama beberapa dekade ke depan, tanpa rencana penggantian.

Pembom Strategis Kelas Berat B-52H

B-52H

Pembom B-52H didesain untuk membawa bom termonuklir ke Uni Soviet dan untuk kembali. B-52 dikembangkan segera setelah Perang Dunia II berakhir dan pertama kali terbang pada tahun 1952. Pembom B-52H yang pertama dikirim pada 1961 dan yang terakhir pada tahun 1963.

Saat ini, sebanyak 76 dari 102 B-52H original masih terbang bersama Angkatan Udara AS. Perjanjian kontrol senjata dan platform telah memaksa AS mengkonversinya menjadi pembom konvensional, kemampuan mereka untuk membawa senjata nuklir secara permanen dilucuti.

B-52 dapat menjatuhkan bom presisi pada musuh bila tidak dijaga sistem pertahanan udara canggih, meluncurkan rudal untuk kebuntuan seperti Joint Air to Surface Standoff Missile yang dijaga sistem pertahanan udara canggih, dan bahkan membuat ladang ranjau di laut dengan ranjau-ranjau angkatan laut yang dijatuhkan oleh "Quickstrike".

Angkatan Udara AS berencana untuk menghidupkan kembali pembom ini, membuat mereka lebih murah dan lebih andal, menjaga hidup mereka di udara hingga tahun 2030-an, pada titik mana armada B52H akan berusia rata-rata 70 tahun.

Resources
  • Gambar: Wiki common / US Navy