Kamis, Januari 31, 2013

Kerjasama Pertahanan : Kasad Jepang Kunjungi Indonesia

Kerjasama pertahanan Indonesa-Jepang
Presiden SBY menerima kunjungan Kasad Jepang
Jenderal Eiji Kimizuka untuk membahas kerjasama
pertahanan. (foto: laily/presidensby.info)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat Jepang (Japan Grounds Self-defence Force/JGSDF) Jenderal Eiji Kimizuka beserta jajarannya, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Selasa, 29 Januari 2013.

Kunjungan utusan Jepang ini guna membahas rencana peningkatan kerja sama Indonesia dan Jepang dalam bidang militer dan pertahanan, terutama dalam lima bidang utama, yaitu pendidikan dan latihan, peningkatan sumber daya manusia, industri pertahanan, kontra-terorisme, dan penanganan bencana.

Menurut Menlu Marty Natalegawa yang ditemui usai mengikuti pertemuan itu mengatakan bahwa inti dari kunjungan utusan Jepang ini adalah membahas hubungan dan kerjasama militer to militer antara Jepang dan Indonesia.

Selain Menlu, Presiden SBY juga didampingi oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro saat pertemuan. "Prinsipnya itu, kalau dulu kerja sama Jepang dan Indonesia lebih banyak di bidang ekonomi nah sekarang mereka menekankan bahwa pemerintahannya juga melakukan kerja sama di bidang militer," kata Menhan.

Seiring dengan situasi keamanan di Asia Timur yang tidak menguntungkan, Jepang telah memutuskan untuk mengembangkan pasukan bela diri mereka, yang berdasarkan konstitusi setelah Perang Dunia II dilarang untuk dikembangkan.

"Mereka menyampaikan kepada Indonesia rencana-rencana ke depan walaupun dulu setelah PD II menurut konstitusinya mereka tidak boleh membangun kekuatan, tapi situasinya dalam waktu dekat ini telah berubah," ujar Menhan.

Selain Jenderal Eiji Kimizuka, delegasi Jepang yang hadir antara lain, Dubes Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Kepala Penelitian dan Divisi C4 Departemen Program dan Kebijakan JGSDF Kolonel Yoshihisa Nakano, dan Atase Pertahanan Jepang untuk Indonesia Kapten Toshiako Kondo.

Pada kesempatan tersebut, selain Menhan dan Menlu, Presiden didampingi antara lain oleh, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

Selain bertemu langsung dengan Presiden SBY, Jenderal Eiji Kimizuka juga berkunjung ke Mabes TNI Cilangkap guna bertemu dengan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono,S.E., Dalam pertemuan tersebut, Kasad Jepang mengatakan bahwa  kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan baik agar ditingkatkan serta mengharapkan pelatihan-pelatihan diantaranya mengenai Disaster dan Medical.


Sumber : ANTARA