Selasa, Oktober 09, 2018

General Dynamics Luncurkan Tank Ringan yang Akan Ubah Pertempuran Darat

Tank Griffin III

Disebut Griffin III, yang ditawarkan General Dynamics Land Systems adalah kendaraan lapis baja seberat 40 ton dengan deep-strike technology dan counter-drone sensors.

General Dynamics Land Systems (GDLS) telah meluncurkan sebuah kendaraan lapis baja ekspedisi baru yang bersenjata berat, namun berbobot lebih ringan sebagai bagian dari upaya untuk membangun platform Angkatan Darat Mobile Protected Firepower (MPF), sebuah  kendaraan tempur baru yang direkayasa untuk mendukung manuver infanteri  - dan akhirnya akan mengubah konsep peperangan darat.

Disebut Griffin III, yang ditawarkan General Dynamics Land Systems adalah kendaraan lapis baja seberat 40 ton dengan deep-strike technology dan counter-drone sensors, Michael Peck, Direktur Pengembangan Bisnis Enterprise GDLS, mengatakan kepada Warrior.

"Ini adalah kendaraan roda trek dengan perlindungan lapis baja yang dibutuhkan oleh Angkatan Darat," kata Peck dalam sebuah wawancara.

Sementara disebut oleh sebagian orang sebagai "tank ringan," petinggi Angkatan Darat AS menyebut bahwa platform tank baru tersebut merupakan rancangan tempur mobile yang dapat disebarkan dengan cepat.

MPF mewakili keinginan Angkatan Darat AS untuk ke arah peperangan yang sifatnya lebih kepada ekspedisi dan penyebaran yang cepat; tidak mengherankan bahwa dua MPF yang sedang dibangun untuk muat pada pesawat C-17 Angkatan Udara AS.

"MPF membantu Anda karena bisa off-road. Mobilitas akan membantu Anda cepat menekan musuh sebelum mereka dapat mengganggu kemampuan Anda untuk bergerak, ”Rickey Smith, Wakil Kepala Staf, G-9, TRADOC, mengatakan kepada Warrior Maven dalam wawancara awal tahun ini.

Penekanan Smith tentang bagaimana kendaraan lapis baja yang lebih ringan dapat mengatasi tantangan medan, dan mobilitas off-road sejajar dengan temuan dari penelitian sejarah analitis yang dilakukan beberapa tahun lalu oleh Dupuy Institute.

Studi penelitian, yang disebut "The Historical Combat Effectiveness of Lighter-Weight Armored Forces ," memeriksa skenario pertempuran dari Vietnam, Perang Korea, Perang Teluk Persia - dan bahkan Perang Dunia II.

Ditugaskan oleh Pusat Angkatan Darat AS untuk Analisis Angkatan Darat, studi ini menyimpulkan bahwa platform tempur bersenjata yang bersenjata lengkap, namun lebih ringan, dan lebih bermanuver dapat memberikan keuntungan besar untuk memerangi infanteri dalam banyak skenario.

"Bobot kendaraan terkadang menjadi faktor keterbatasan di daerah yang kurang berkembang. Dalam semua kasus di mana ini adalah masalah, tidak ada ancaman armor yang sesuai. Dengan demikian, dalam hampir semua kasus, misi dan tugas dari sebuah tank dapat dipenuhi dengan armor ringan lainnya," tulis studi tersebut.

Berdasarkan premis konseptual ini, cukup beralasan bahwa kendaraan lapis baja ringan atau menengah, dengan senjata berat, mungkin dapat mendukung mobilitas yang lebih besar untuk memajukan infanteri sementara secara bersamaan terlibat dalam pertempuran besar.

Tank Abrams Angkatan Darat AS saat ini, dipersenjatai dengan meriam 120mm dan diperkuat dengan armor berat, memiliki keterbatasan dalam hal berat dan mobilitas untuk mendukung infanteri dalam beberapa skenario pertempuran.

Seperti dijelaskan Smith, jembatan, atau hambatan lain yang berorientasi pada medan menghalangi kemampuan tank berat untuk mendukung manuver Infantry Brigade Combat Teams (IBCT).

Smith juga menjelaskan bahwa IBCT yang diharapkan beroperasi di lingkup pertempuran yang lebih luas, akan memerlukan dukungan tembakan langsung dan pergerakan yang cepat.

Juga, meskipun kecepatannya masih belum menyamai kecepatan kendaraan tempur Stryker, MPF "yang beroda trek" dapat lebih baik melewati medan off-road seperti yang dijelaskan Smith.

Kendaraan lapis baja ringan MPF ​​diharapkan akan mengubah perang darat dan membawa dimensi baru untuk memberikan keunggulan infanteri saat bermanuver ke arah serangan musuh.

Senjata presisi jarak jauh, serangan udara-darat terkoordinasi, serangan kendaraan lapis baja gaya-on-force yang digerakkan dan ancaman drone semuanya berubah begitu cepat sehingga manuver infanteri Angkatan Darat AS sekarang membutuhkan senjata baru untuk maju pada musuh utama dalam perang, para pemimpin Angkatan Darat menjelaskan.

Tank ringan 2S25 Sprut-SD Rusia yang dapat dengan mudah disebarkan lewat udara memiliki berat hanya sekitar 20 ton, namun menembakkan meriam 125mm. Tank ini dirancang untuk menyerang tank dan mendukung operasi amfibi, udara atau darat. Kendaraan itu telah beroperasi sejak tahun 2005. Para pengembang senjata Angkatan Darat AS mengatakan bahwa MPF mereka mungkin akan lebih berat untuk memastikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi bagi tentara AS.

Semua faktor ini menunjukkan bagaimana konsep Manuver Senjata Gabungan berevolusi untuk menjelaskan bagaimana konsep perang darat di masa mendatang. Kenyataan ini menggarisbawahi alasan infanteri membutuhkan tank yang dapat menyeberangi jembatan, melakukan perjalanan off-road, namun tetap dapat berhadapan dengan musuh yang modern. (fr)