Kamis, Juli 05, 2018

Turki Menangkan Tender Pengadaan 4 Korvet Angkatan Laut Pakistan

Korvet kelas Ada

ISTANBUL - Turki telah memenangkan tender pengadaan empat korvet untuk Angkatan Laut Pakistan, Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli menyatakan Kamis.

Canikli mengatakan bahwa itu adalah ekspor tertinggi dalam sejarah industri pertahanan Turki. Canikli menyatakan hal ini dalam konferensi pers saat kunjungannya ke Montenegro.

Tak lama setelahnya, Turki dan Pakistan menandatangani perjanjian untuk tender dalam sebuah upacara di Rawalpindi, Pakistan, yang dihadiri oleh pejabat-pejabat berwenang dari kedua negara termasuk Kepala Badan Militer dan Manajemen Galangan Kapal (ASFAT) Turki.

Presentasi sebelum upacara penandatanganan tender memberikan rincian tentang empat korvet dan proses penjualannya. Dengan demikian, negosiasi dimulai pada tahun 2015 dan permintaan pembelian pertama dibuat pada tahun 2017, sedangkan negosiasi penjualan terakhir berlangsung selama 12 hari.

"Ini adalah proyek multi-miliar dolar dan sebagai Turki, kami mengemban proyek canggih internasional untuk pertama kalinya. Negosiasi telah berlangsung selama lebih dari enam bulan dan mereka setuju setelah periode yang sulit dan melelahkan, dan itu ditandatangani hari ini, "kata Canikli.

Diperolehnya tender ini penting untuk menunjukkan bahwa industri pertahanan Turki telah sangat maju, kata Canikli, mencatat bahwa Turki telah mengalahkan sejumlah negara kuat melalui tawaran yang sangat baik dari segi kualitas dan harga.

Pada Mei 2017 lalu, perusahaan-perusahaan pertahanan Turki dan Pakistan telah menandatangani goodwill agreement untuk pembangunan empat kapal korvet kelas Ada (juga dikenal sebagai MİLGEM) di Shipyard Karachi. Menurut kesepakatan akhir, dua kapal akan dibangun di Istanbul dan dua lainnya di Karachi. Dua korvet akan bergabung dengan Angkatan Laut Pakistan pada tahun 2023 dan sisanya pada tahun 2024.

Kapal pertama akan dibangun dalam 54 bulan dan kapal yang tersisa akan dibangun di 60, 66 dan 72 bulan, masing-masing.

Sebagai informasi, saat ini ada empat kapal korvet kelas Ada yang melayani Angkatan Laut Turki.

Korvet kelas Ada, yang mampu terus berlayar tanpa henti selama 15 hari, akan memiliki panjang 99,56 meter dan lebar 14,42 meter dengan kecepatan maksimum 26 knot.

Persenjataan yang diusung kelas Ada adalah kanon OtoMelara Super Rapid 76mm (3 in) dan 12.7 mm (0.50 in) Aselsan STAMP Stabilized Machine Gun Platform, rudal Harpoon anti kapal, rudal anti pesawat RAM, dan Torpedo Mk.32 dan Mk.46.

Kesepakatan itu juga termasuk berbagi informasi rekayasa dan pelatihan insinyur.

Kedua negara memiliki hubungan persaudaraan dan memiliki kerja sama yang mendalam di bidang pertahanan, termasuk pelatihan personel militer.

Sebelumnya pada Juni 2016, perusahaan pertahanan Turki, Defense Technologies and Engineering (STM) memenangkan tender untuk memodernisasi kapal selam Pakistan melawan pesaing Perancisnya, DCNS, yang notabene merupakan perancang dan pembuat kapal selam ini. STM juga telah merancang Kapal Tanker Angkatan Laut Pakistan yang berukuran 158 meter yang dibangun oleh Karachi Shipyard and Engineering Works, dan bertugas pada 2018.

Mei lalu, Ankara dan Islamabad menandatangani kesepakatan untuk penjualan 30 helikopter serang T129 ATAK Turki. Helikopter T129 ATAK dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) dan AgustaWestland Italia, yang sekarang telah berganti nama menjadi Leonardo Helicopters sejak tahun 2016.

Resources
  • Daily Sabah; published July 05, 2018