Sabtu, Juli 07, 2018

Jawab Keraguan, China Rilis Video Uji Coba Senjata Lasernya

Senapan laser ZKZM China

Perusahaan China, Xian Institute of Optics and Precision Mechanics, merilis rekaman uji coba senjata senapan laser ZKZM-500 yang mereka kembangkan setelah beberapa laporan media yang meragukannya.

Senapan laser ZKZM-500 sendiri diklaim pengembangnya dapat membakar target hingga jarak sekitar 800 meter.

Kemampuan senapan itu pertama kali dilaporkan South China Morning Post (SCMP) pada awal bulan ini. SCMP melansir sejumlah insinyur yang terlibat dalam proyek pembuatan senapan laser tersebut, yang dikategorikan sebagai senjata tidak mematikan.

Senapan laser ZKZM-500 ini menghasilkan sinar laser yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Laser itu dapat melewati jendela dan jika terkena akan menyebabkan karbonisasi instan pada kulit dan jaringan alias membuat kulit menjadi terbakar.


Pengembang menyebutkan senapan laser ini menggunakan baterai lithium yang dapat diisi ulang, mirip dengan yang ditemukan di smartphone. Senapan ini dapat menembakkan lebih dari 1.000 tembakan yang masing-masing bertahan tidak lebih dari dua detik.

Namun orang-orang yang skeptis menuding ilmuwan terlalu melebih-lebihkan kemampuan senjata dengan pernyataan senapan laser itu mampu membakar pakaian dalam hitungan detik dari jarak jauh.

"Laser seperti itu mungkin terbukti tidak mampu menghancurkan balon," kata satu laporan di situs berita industri TechCrunch.

"Tidak mungkin laser yang ditenagai baterai lithium-ion yang dapat dibawa seseorang akan mampu menghasilkan jenis panas yang dijelaskan pada jarak dekat, apalagi pada 800 meter," katanya.

Kritik lain termasuk menjelaskan laser menyebar saat dilepaskan, sehingga membuatnya lebih lemah dan tidak tahan lama.

Sebagai tanggapan, perusahaan yang mengembangkan senapan, ZKZM Laser, merilis rekaman senapan yang sedang diuji di atap di Xian, provinsi Shaanxi. Lokasi itu dipilih karena alasan keamanan, untuk menghindari siapa pun secara tidak sengaja berjalan di dekatnya.

Salah satu klip menunjukkan senapan yang digunakan untuk menargetkan papan yang disandarkan ke dinding dengan jarak agak jauh. Beberapa saat kemudian lubang yang terbentuk oleh api terlihat di papan itu.

Klip lain menunjukkan senapan yang sedang diuji pada ban mobil dan kaos oblong serta daging, yang kemudian juga terbakar.

Sekali lagi, tidak jelas dari sudut kamera berapa jarak senapan yang digunakan, tetapi tim mengatakan tidak ada tes yang dilakukan pada jangkauan maksimum.

Pengembangnya, Xian Institute of Optics and Precision Mechanics, yang berada di bawah Chinese Academy of Sciences mengklaim senapan laser itu dapat menjangkau target berjarak hingga satu kilometer jauhnya.

"Perangkat kami adalah senjata laser tercanggih di dunia," kata perwakilan perusahaan, seperti dilansir The Star pada 6 Juli 2018.

Senapan kaliber 15mm berbobot tiga kilogram, kira-kira sama dengan AK-47. Senapan itu memiliki jangkauan 800 meter dan bisa dipasang pada mobil, kapal dan pesawat.

Senapan laser portable itu siap untuk diproduksi secara massal. Dan, unit pertama kemungkinan akan diberikan kepada pasukan anti-terorisme di Polisi Bersenjata China.

Perusahaan mengatakan perangkat laser tidak dapat dijual kepada individu atau organisasi karena tidak memiliki lisensi untuk memproduksi senjata.

Perwakilan perusahaan menegaskan, pihaknya sedang mencari mitra yang memiliki lisensi produksi senjata atau mitra dalam industri keamanan atau pertahanan untuk memulai produksi berskala besar dengan biaya 100.000 yuan atau sekitar Rp200 juta per unit.

Mengingat potensi penyalahgunaannya, desain dan produksi perangkat akan diawasi dengan ketat dan satu-satunya pelanggan adalah militer dan polisi China.

Resources
  • https://dunia.tempo.co/read/1104289/cina-rilis-video-uji-coba-senjata-laser-ala-star-wars