Pada tahun 2006, Marinir AS kembali mengambil langkah positif dengan meninggalkan Armada Truk Berat LVC Oshkosh yang telah mereka gunakan sejak tahun 1985 dan menggantinya dengan LVSR (Logistic Vehicle System Replacement).
Seperti truk-truk pendahulunya, truk kelas berat LVSR mampu mengangkut pasokan amunisi, bahan bakar, air bahkan alat berat. LVSR juga merupakan desain Oshkosh.
LVSR |
LVSR di medan berpasir |
LVSR di medan berlumpur |
LVSR Oshkosh jelas memiliki fitur layaknya MTVR seperti TAK-4, sistem suspensi independent yang memberikan kinerja lebih baik dalam off road.
LVSR juga memanfaatkan kemajuan tekonologi dalam sistem kendaraan otomatis (oshkosh CommandZone), termasuk lapis baja dengan perlengkapan tambahan, dan bermesin sport khusus CAT C-15 yang dapat menghasilkan tenaga 600 kuda. LVSR 10x10 ini direkomendasikan untuk membawa muatan seberat untuk 22,5 ton untuk jalan "mulus" dan 13,5 ton muatan untuk off road.
LVSR dapat melewati medan air setinggi 5 kaki/152 cm, dengan kecepatan penuh hingga 105 km/jam dan memiliki daya jelajah kisaran 483 km.
LVSR bukanlah 1 jenis saja, tapi bermacam-macam. LVSR MKR15 wrecker adalah mobil derek, untuk recovery kendaraan di berbagai medan seperti pasir, lumpur, air dan salju. Kendaraan ini dapat menderek kendaraan seberat 55 ton.
Varian terbaru dari MKR15 adalah MKR16 tractor varian, tapi tidak ada hubungan sama sekali dengan pertanian. Kendaraan ini dirancang untuk mengangkut kendaraan semi-trailer, kendaraan tempur dan kendaraan lainnya. MKR16 juga disebut dengan truk "5th wheel".
LVSR MKR16 |
Kendaraan MKR18 kargo standar juga dapat memuat flat racks dari derek trailer dengan penambahan kemampuan angkut beban sebesar 16,5 ton. Semua adapter dan perangkat angkat terbaru dilengkapkan pada kendaraan ini.
LVSR Kargo Standar |
Komando Sistem Korp Marinir, Quantico, VA mengelola kontrak ini. Kontrak LVSR ini diperkirakan mencapai 740,2 juta dolar dengan 1900 unit (rilis Pentagon) tapi Oshkosh merilis bahwa kontrak maksimum adalah 1592 unit saja.
Oshkosh Logistic Vehicle System Replacement (LVSR)
Tipe : truk taktis 10x10 muatan 16,5 (off-road) dan 22,5 ton (on-road) (MKR18 cargo)
Negara asal : Amerika Serikat
Pengguna : Marinir AS
Sejarah produksi
Desainer : Oshkosh
Produksi : 2005-2013 (tetap tersedia)
Jumlah dibangun : 2020
Varian : MKR15 – wrecker (160), MKR16 – tractor (355), MKR18 – cargo (1505)
Spesifikasi
Bobot : 24.517 kg (kosong) 44.929 kg (dengan muatan)
Panjang : 10,98 m
Lebar : 2,49 m
Tinggi : 4,11 m (dengan kontainer ISO)
Kru : 2 (kru ke-3 dapat diposisikan sebagai penembak)
Armor : a-kit/b-kit; U.S. Army Long Term Armor Strategy (LTAS) compliant
Mesin : Caterpillar (CAT) C-15 15,2-liter, inline-six water-cooled diesel menghasilkan 600 hp
Kapasitas muatan : 16,5 ton (off-road) — 22,5 ton (on-road)
Transmisi : Allison 4700SP 7-speed automatic and Oshkosh 35000 single-speed transfer case
Suspensi : Oshkosh TAK-4 independent.
Kapasitas bahan bakar : 628 liter
Jangkauan : 483 km
Kecepatan : 05 km/jam
Steering system : Power-assisted, 1st, 2nd, 4th and 5th axles (mechanically controlled 4th and 5th axle contra-steer)
Baca juga : 11 kendaraan militer paling unik di dunia