Senin, Juni 25, 2018

Kanyon, Torpedo Mengerikan Kapal Selam Rusia

Ilustrasi ledakan

Satu dari lima sistem senjata nuklir baru telah diresmikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Maret lalu. Senjata mematikan itu adalah sebuah torpedo "doomsday", yang diklaim bisa melintasi samudra dan menghasilkan daya ledak multimegaton atau daya ledak super tinggi.

Objek tersebut kemudian diketahui bernama Kanyon atau Status-6. Rekaman mengenai Kanyon pertama kali bocor pada tahun 2015. Detailnya terdengar amat mengerikan, sehingga tak sedikit yang meragukan keasliannya. Namun, pada Desember lalu, senjata tersebut muncul di Pentagon's Nuclear Posture Review.

Kanyon digambarkan sebagai kendaraan bawah laut otonom (drone laut) antarbenua dengan muatan hulu ledak termonuklir, berukuran sekitar 80 kaki, dan berbentuk torpedo. Kanyon menggunakan empat baling-baling untuk mencapai kecepatan hingga 100 knot atau 115 mph (meter per hour).

Kanyon dibawa oleh kapal selam induk Rusia dan bisa dilepas ribuan mil ke arah sasaran. Senjata ini bisa mengendalikan dirinya sendiri. Artinya, sekali diluncurkan, Kanyon tidak bergantung pada perintah tuannya. Begitu mengenai sasaran, torpedo tersebut langsung meledakkan hulu ledak termonuklirnya yang berkekuatan 100 megaton.

Kanyon digunakan untuk menyerang target yang berbasis di laut, seperti kapal selam induk, yang berjarak jauh. Meski kebanyakan kapal armada musuh memiliki alat pendeteksi anti-rudal, kecepatan tinggi Kanyon dan kemampuan untuk membunuh dari kejauhan disebut-sebut tak terbaca radar.

Contoh saja apabila Kanyon ditargetkan ke San Francisco Bay Area, tepatnya diledakkan di Golden Gate Bridge.


Sistem senjata ini diklaim mampu melenyapkan San Francisco, menewaskan 1,3 juta orang di California Utara dan melukai 1,1 juta lainnya. Kota tersebut juga akan diselimuti oleh awan berbahaya yang berasal dari radiasi ledakan, menyebar hingga timur Montana.

Kanyon mengandung isotop radioaktif berbahaya, sehingga juga disebut "salted bomb" atau bom garam. Pada masa mendatang, sistem ini dirancang Rusia untuk mengatasi pertahanan anti-rudal Amerika Serikat.

Resources
  • https://www.popularmechanics.com/military/weapons/a19160734/how-russias-new-doomsday-torpedo-works/
  • https://www.liputan6.com/global/read/3354439/seperti-ini-cara-kerja-torpedo-hari-kiamat-milik-rusia