Selasa, April 21, 2020

Video dari Kokpit MiG-31 Rusia Bertemu dengan F-16 NATO

MIg-31 Rusia bertemu F-16 NATO

Video menarik dari Foxhound Rusia dalam pertemuan dekat dengan F-16 NATO.

Video di bawah ini direkam dari kokpit MiG-31 yang sedang mengawal pesawat pembom Tu-95MS Rusia ketika muncul F-16 milik Angkatan Udara Norwegia mendekatinya. Pilot MiG-31 Rusia memberi kode jempol pada pilot F-16.

Sayangnya, tidak disebutkan kapan dan di mana pencegatan itu terjadi, meskipun sangat mungkin bahwa pertemuan dekat ini terjadi di wilayah udara internasional Norwegia, di mana Tu-95 Rusia dan Tu-142MK ASW (Anti-Submarine Warfare) dan pesawat patroli maritim dibayangi oleh jet Angkatan Udara Norwegia.

Seperti yang diberitakan media, pada 7 Maret 2020, ketika Tu-142MK dan Tu-142MR Bear-J, dikawal oleh setidaknya satu MiG-31 Foxhound (dipersenjatai dengan rudal R-33) dicegat oleh F-16 dan juga F-35A Norwegia yang diluncurkan dari Orland Air Station.



Interaksi antara jet NATO dan Rusia belakangan cenderung ramah, tidak seperti yang sering terjadi selama beberapa dekade Perang Dingin. Tidak ada yang seperti "intersepsi tidak aman" yang sering dilaporkan belakangan ini atau yang ditampilkan dalam video.

Pencegatan terbaru yang tidak aman dilaporkan pada 15 April 2020, ketika sebuah pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut AS yang terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania timur dicegat oleh Su-35 Rusia yang melakukan manuver berbalik berkecepatan tinggi, berjarak hanya 25 kaki langsung di depan pesawat itu. Menempatkan pilot dan kru Poseidon dalam bahaya (karena muncul turbulensi), menurut klaim USN.

Kembali ke video baru ini, perlu diingat bahwa MiG-31 Foxhound adalah pengganti untuk MiG-25 Foxbat yang dikonfigurasi dengan cara yang sama, pencegat berkecepatan tinggi dan ketinggian tinggi yang awalnya didesain sebagai tanggapan strategis atas pesawat pembom strategi XB-70 Valkyrie AS yang berkecepatan lebih dari 3 Mach yang tidak pernah masuk layanan.

Foxbat mencapai ketenaran pada 6 September 1976, ketika pilot Rusia Viktor Belenko membelot ke Barat dengan mendarat di Jepang dengan MiG-25.

MiG-31 Foxhound adalah turunan dua tempat duduk dari MiG-25.

MiG-31 adalah pencegat berkecepatan tinggi, ketinggian tinggi, yang beroperasi sejak tahun 1983 yang diturunkan untuk mengatasi pembom B-1B AS, yang dirancang untuk terbang di ketinggian rendah, di bawah jangkauan radar. Oleh karena itu, MiG-31 memiliki kemampuan terbang rendah yang cukup baik dan dilengkapi dengan radar canggih dengan kemampuan look-down-shoot-down yang diperlukan untuk mendeteksi pesawat pembom terbang rendah, dan data bus, yang memungkinkan untuk mengkoordinasi serangan dengan jet tempur Rusia lainnya.

Meskipun bukan pesawat generasi baru, dengan kecepatan tertinggi 2,83 Mach dan jangkauan 1.450 km, Foxhound masih merupakan salah satu pencegat paling menakjubkan yang pernah dibangun. Rusia baru-baru ini mengupgrade armada MiG-31 mereka dengan kemampuan baru yang mencakup rudal hipersonik dan bahkan kemampuan peluncuran satelit kecil.*