Selasa, April 21, 2020

Unik, Humvee Milisi Houthi di Yaman Dipasangi Turet Tank BMP-1

Kendaraan Humvee milisi Houthi di Yaman yang dilengkapi dengan turet tank BMP-1 73mm. (Gambar: Twitter)

Milisi Houthi di Yaman terus memproduksi kendaraan tempur hibrida. Salah satunya adalah High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee Amerika yang dilengkapi dengan turet tank tempur infanteri (IFV) BMP-1 73mm buatan Soviet yang dipasang di bagian atap.

Konflik di Suriah atau Libya juga menunjukkan pasukan pemberontak memproduksi peralatan militer semacam ini untuk membuat kendaraan tempur lebih baik dalam hal mobilitas dan daya tembak.

Negara-negara lain di dunia juga telah menggunakan turet tank BMP-1 yang dipasang pada kendaraan tempur beroda. Pada April 2017, tentara Iran telah meluncurkan Heidar-6, yang merupakan kendaraan angkut personel (APC) BTR-60PB 8x8 buatan Soviet yang dilengkapi dengan turet tank BMP-1. Dalam perang Libya, turet BMP-1 dipasang di bagian belakang pickup Toyota. Kuba juga memproduksi BTR-60 buatan Soviet yang dilengkapi dengan turet BMP-1.

Tank BMP-1 buatan Soviet adalah kendaraan lapis baja beroda track yang dilengkapi dengan turet satu orang yang dipersenjatai dengan kanon Model 2A28 smoothbore 73 mm, tekanan rendah, short-recoil yang mana beratnya 115 kg. Karena karakteristik teknis dan beratnya, turet BMP-1 dapat dengan mudah diintegrasikan pada kendaraan beroda.

Tembakan kanon 76mm disuplai dari magazen 40-putaran yang terletak di sebelah kanan belakang penembak. Senjata itu menembakkan fixed fin-stabilized HEAT dengan kecepatan awal 440 m/dtk yang kemudian meningkat menjadi 700 m/dtk begitu proyektil meninggalkan laras. Proyektilnya sama dengan yang digunakan dalam senjata infanteri SPG-9 dan memiliki jangkauan efektif maksimum 1.300 m.

Persenjataan kedua dari turet BMP-1 adalah sebuah senapan mesin PKT 7,62 mm yang disuplai dari kotak amunisi putaran 2.000 butir 'honeycombed' yang dipasang di bawah senjata. Peluncur untuk rudal anti tank Malyutka AT-3 (Kode NATO: Sagger) dipasang di atas kanon 76mm. Satu rudal dibawa dalam posisi siap diluncurkan dengan dua roket lainnya di turet, rudal ini dimuat melalui rel melalui lubang di bagian depan atap turet. Rudal Sagger memiliki jangkauan tembak minimum 500 m dan jarak tembak maksimum 3.000 m.

Turet tank BMP-1 terbuat dari baja yang semuanya dilas yang memberikan perlindungan balistik terhadap penembakan senjata kaliber 7.62mm dan serpihan artileri.*