Rabu, April 15, 2020

Jet Tempur Pakistan Jatuh, Instruktur dan Pilot Tewas

Pesawat tempur Pakistan Chengdu J-7. (Gambar: vistapointe.net)

Sebuah jet tempur Pakistan jatuh dalam misi pelatihan rutin di dekat kota Gujrat di provinsi Punjab timur, Pakistan, pada Senin pagi.

Sebuah jet tempur Pakistan jatuh dalam misi pelatihan rutin di dekat kota Gujrat di provinsi Punjab timur, Pakistan,  pada Senin pagi, menewaskan instruktur dan pilot pesawat, militer Pakistan mengungkapkan.

Tidak ada korban di darat, kata militer, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Militer juga tidak menjelaskan jenis pesawat latih apa yang digunakan. Insiden semacam itu kadang-kadang terjadi di Pakistan; militer biasanya tidak merilis temuan kecelakaan.

Insiden terbaru terjadi beberapa minggu lalu setelah seorang pilot Angkatan Udara tewas ketika jet F-16 jatuh di dekat ibukota, Islamabad, saat bermanuver menjelang perayaan Hari Nasional.

Pada bulan Januari, seorang pelatih jet FT-7 juga jatuh di Punjab, menewaskan dua pilot. Juli lalu, 19 orang tewas ketika sebuah pesawat militer Pakistan menabrak sebuah area perumahan di pinggiran kota garnisun Rawalpindi, kebanyakan dari korban sedang berada di dalam rumah.

Angkatan udara Pakistan telah siaga tinggi sejak Februari 2019, ketika tetangga India meluncurkan serangan udara di Pakistan. New Delhi mengatakan, pihaknya menargetkan gerilyawan yang bermarkas di Pakistan yang bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri yang menewaskan 40 tentara India di wilayah Kashmir yang dikelola India.

Pada saat itu, Pakistan membalas dan menembak jatuh dua pesawat militer India. Satu pilot India ditangkap dan kemudian dibebaskan. Namun ketegangan tetap tinggi di wilayah Kashmir yang terpecah, yang diklaim kedua negara secara keseluruhan.

Pada hari Senin, militer Pakistan mengatakan seorang anak berusia dua tahun tewas oleh tembakan India di wilayah Kashmir yang dikelola Pakistan dalam sebuah gejolak pada hari sebelumnya.

Pada hari Minggu, polisi India mengatakan tiga warga sipil, termasuk seorang wanita dan seorang anak, tewas ketika peluru dari tentara Pakistan mengenai rumah-rumah di wilayah Kashmir yang dikelola pemerintah India. Kedua belah pihak umumnya saling menuduh memulai penembakan.

Sementara itu, pasukan keamanan Pakistan menggerebek tempat persembunyian militan di bekas kubu Taliban Waziristan Utara di dekat perbatasan Afghanistan pada Senin, yang memicu baku tembak di mana seorang tentara dan dua pemberontak tewas, kata militer.

Militer Pakistan dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan serangan semacam itu di wilayah tersebut. Meskipun ada klaim resmi bahwa daerah Wazirstan telah dibersihkan dari pemberontak Islam, kekerasan terus berlanjut meskipun pada tingkat yang lebih rendah. (Associated Press)