Jumat, Mei 31, 2019

Mengukur Advanced Super Hornet Sebagai Pengganti F-35 Angkatan Laut AS

Super Hornet

Intinya adalah untuk saat ini F/A-18E/F Super Hornet belum akan menjadi pesawat siluman, namun menawarkan solusi harga 80 persen lebih murah untuk kebutuhan Angkatan Laut AS. Setelah dikembangkan ke potensi penuhnya, Advanced Super Hornet akan mampu melaksanakan sebagian besar misi yang mampu dilakukan oleh F-35C, kecuali mungkin untuk melakukan serangan penetrasi - karena bergantung pada senjata untuk misi itu.

Tweet Presiden AS Donald Trump pada 22 Desember - di mana dia menyatakan bahwa dia telah meminta Boeing untuk "harga pas F-18 Super Hornet" karena besarnya biaya dari jet tempur Lockheed Martin F-35 Joint Strike Fighter - telah mendapatkan cemoohan oleh jurnalis dan elit politik Washington.

Meskipun benar bahwa tidak ada versi F/A-18E/F saat ini yang menyamai kemampuan F-35, tapi pernyataan Trump tidak boleh diartikan secara harfiah. Lebih mungkin, Trump menginginkan adanya varian Super Hornet yang memiliki banyak kemampuan seperti yang ditawarkan F-35, tapi dengan harga yang lebih masuk akal.

Untuk Angkatan Laut AS, ada argumen kuat yang dibuat bahwa turunan Advanced Super Hornet dapat menawarkan solusi harga 80 persen lebih rendah daripada F-35C. Dan sementara turunan F/A-18 seperti itu tidak akan secara penuh memenuhi semua persyaratan Angkatan Udara AS sebagaimana yang dimiliki F-35A, Super Hornet adalah jet tempur yang sangat berkemampuan seperti yang ditunjukkan oleh Angkatan Udara Australia. Hanya Korps Marinir A.S. yang mendesak pada kemampuan untuk lepas landas pendek/vertikal yang ditemukan di F-35B.

Siluman
Satu area di mana tidak ada versi Super Hornet yang dapat bersaing dengan F-35 adalah fitur siluman. Fitur siluman kurang lebih harus dimasukkan ke dalam desain badan pesawat sejak awal pengembangannya. Namun, Boeing telah menguji versi Super Hornet dengan penampang radar yang berkurang secara signifikan - khususnya di sektor frontal.

Boeing juga telah menguji tangki bahan bakar konformal yang dapat membawa 3500lbs bahan bakar tambahan dan pod senjata low-observable (LO) yang dapat membawa 2500lbs persenjataan yang akan memungkinkan Super Hornet untuk terbang tanpa tangki bahan bakar eksternal di hari-hari pertama perang. Fitur-fitur itu akan sangat mengurangi visibilitas F/A-18E/F pada radar, namun, memang bahkan dengan perangkat tambahan itu, Super Hornet tidak akan pernah menjadi pesawat siluman sejati yang sebanding dengan F-35. Secara fisik sudah tidak mungkin.

Peperangan Elektronik
Tetapi pertanyaan yang tersisa adalah apakah fitur siluman akan tetap menjadi tujuan dan cara bertahan hidup utama seperti yang selalu diperdebatkan Lockheed Martin dan Angkatan Udara AS?. Rusia dan China sedang mengembangkan radar frekuensi rendah yang dapat melacak pesawat siluman seukuran jet tempur. Sistem peperangan elektronik akan menjadi semakin diperlukan untuk mendukung kinerja pesawat siluman seiring berjalannya waktu dan seiring dengan semakin banyaknya radar frekuensi yang dikembangkan.

"[Siluman] diperlukan untuk apa yang kita miliki di masa depan selama setidaknya sepuluh tahun di luar sana dan tidak ada keajaiban tentang dekade itu," kata kepala operasi Angkatan Laut AS Laksamana Jonathan Greenert pada pertemuan tahunan US Naval Institute di Washington, DC, pada 2014. “Tapi saya pikir kita perlu melihat lebih jauh dari itu. Jadi bagi saya, saya pikir itu adalah kombinasi dari memiliki pesawat yang memiliki siluman tetapi juga pesawat yang dapat menekan bentuk lain dari emisi elektromagnetik frekuensi radio sehingga kita bisa masuk."

Angkatan Udara AS - terlepas dari retorika publiknya - mengakui bahwa peperangan elektronik akan semakin penting ketika kemampuan musuh terus meningkat. Setidaknya selusin pilot Angkatan Udara dengan pengalaman menaiki platform siluman mengatakan bahwa pesawat siluman tidak akan pergi ke area ancaman tinggi sendirian. Tren itu akan terus meningkat ketika radar frekuensi rendah terus dikembangkan dan mulai menemukan kesempurnaannya.

Memang, F-35 memiliki kemampuan serangan elektronik tangguh yang ada dalam radar Northrop Grumman AN/APG-81 active electronically scanned array (AESA). Namun, sementara APG-81 mampu bertindak sebagai antena dukungan elektronik ukuran tinggi dan sebagai jammer yang tangguh, APG-81 hanya dapat melakukannya dalam frekuensi operasi sendiri dalam X-band. Sementara itu, Super Hornet dan varian peperangan elektronik EA-18G juga dilengkapi dengan radar AESA - Raytheon AN/APG-79. Radar buatan Raytheon memiliki banyak kemampuan potensial yang sama dengan APG-81, namun Angkatan Laut AS belum mengambil keuntungan penuh dari potensi APG-79.

Keuntungan lain yang dimiliki F-35 dibandingkan Super Hornet adalah BAE Systems AN/ASQ-239, yang menggunakan serangkaian antena tertanam pada kulit pesawat untuk memberikan gambar elektronik terperinci dari ruang pertempuran di sekitarnya kepada pilot. Namun, teknologi belum berhenti selama pengembangan F-35 yang berkepanjangan. Angkatan Laut AS menambahkan Blok Penanggulangan Elektronik Defensif Terpadu (IDECM) ke F/A-18, yang sangat meningkatkan kecakapan perang elektronik Super Hornet. Namun, Boeing dapat dengan mudah mengadopsi sistem yang bahkan lebih canggih untuk badan pesawat F/A-18E/F seperti BAE's ALQ-239 atau versi Eagle Passive Active Warning Survivability System yang akan datang - keduanya menawarkan peringatan radar terintegrasi penuh, geo-lokasi, kesadaran situasional dan kemampuan perlindungan diri. Sistem yang lebih baru ini menawarkan kemampuan yang mirip dengan AN/ASQ-239 F-35.

Pilihan lain untuk turunan Advanced Super Hornet bisa dengan mengadopsi EA-18G Growler varian Northrop Grumman ALQ-218 radar warning receiver/electronic support measures/electronic intelligence (RWR/ESM/ELINT) sebagai peralatan standar. ALQ-218 - sebagai alat pengumpul intelijen elektronik yang dibangun khusus - dalam banyak hal lebih mampu daripada ASQ-239. Memang, seorang petugas peperangan elektronik di atas pesawat EA-18G dapat menganalisis sinyal yang tidak diketahui dan mengacaukannya bahkan jika ancaman itu tidak ada di laporan ancaman pesawat - sesuatu yang tidak dapat dilakukan pilot tunggal. Namun, sistem ALQ-218 mungkin berlebihan untuk pesawat tempur.

Sensor:
Sementara Super Hornet tidak memiliki sistem penargetan elektro-optik terintegrasi (EOTS) seperti F-35, Super Hornet dapat membawa sensor pod canggih. Faktanya, membawa targeting pod alih-alih EOTS terintegrasi adalah keuntungan dalam banyak kasus.

Selain itu, karena tidak ada masalah dengan badan pesawat karena masalah mengganggu konfigurasi siluman, jet seperti Super Hornet umumnya jauh lebih mudah untuk ditingkatkan dan dapat mengakomodasi sensor baru dengan lebih mudah. Salah satu contoh baru-baru ini adalah pencarian inframerah dan track sensor pod gelombang panjang AN/ASG-34 (dipasang secara cerdik di dalam tangki bahan bakar yang dimodifikasi), yang masuk produksi tingkat rendah awal tahun ini. Penambahan AN/ASG-34 memberi Angkatan Laut AS kemampuan baru untuk mendeteksi dan menargetkan pesawat siluman musuh dan rudal jelajah dari jarak jauh bahkan dalam lingkungan peperangan elektronik yang berat. Memasang sensor inframerah gelombang panjang yang serupa sebagai tambahan pada EOTS gelombang tengah yang ada, jauh lebih bermasalah seperti pada F-35 karena F-35 memiliki opsi terbatas untuk penempatan item baru tanpa merusak fitur silumannya.

Sementara itu, F-35 memang memegang kartu truf lain - bisa dikatakan - tetapi bukan kartu truf yang tidak dapat diatasi. F-35 akan dapat mengkorelasikan semua data dari berbagai sensor dan jaringan data dan kemudian menyajikan informasi tersebut dalam satu tampilan yang koheren dan mudah dimengerti. Saat ini, hanya Lockheed Martin F-22 dan F-35 yang memiliki kemampuan seperti itu, tetapi Angkatan Laut AS sedang bekerja untuk menambahkan sistem "sensor fusion" yang mirip pada Super Hornet. Upaya Integrasi Multi Sensor Angkatan Laut AS untuk Super Hornet sedang dikembangkan dalam tiga fase - beberapa di antaranya telah dilakukan - dengan tujuan mengembangkan kemampuan fusi sensor yang serupa dengan F-22 dan F-35.

Menurut pejabat Angkatan Laut AS, program MSI Super Hornet mengambil pelajaran dari F-22 dan F-35. Namun, satu perbedaan utama antara fusi sensor Super Hornet dan F-22 dan F-35 adalah kemampuan terbatas display F/A-18E/F saat ini. Boeing, bagaimanapun, memiliki opsi untuk menyesuaikan tampilan warna definisi tinggi 11'X19 'baru ke dalam kokpit Super Hornet yang akan mengatasi masalah itu.

Jaringan:
Salah satu keuntungan dari desain pesawat generasi keempat yang canggih adalah bahwa tidak seperti pesawat siluman, desainer tidak perlu khawatir tentang transmisi liar yang membahayakan posisi pesawat. F-35 dilengkapi dengan omnidirectional standard Link-16 data-link untuk lingkungan permisif dan probabilitas rendah yang sangat terarah untuk mencegat Multifunction Advanced Datalink untuk lingkungan ancaman tinggi. Masalahnya adalah bahwa tidak ada datalink yang menawarkan hasil yang cukup untuk mengirimkan informasi sebanyak yang dihasilkan sensor F-35 - sesuatu yang saat ini sedang ditangani oleh Angkatan Laut AS. Sementara itu, Angkatan Laut AS berinvestasi dalam data rate yang sangat tinggi, Tactical Targeting Network Technology (TTNT) datalink untuk versi EA-18G Growler dari F / A-18, yang dapat dengan mudah diadopsi oleh seluruh armada Super Hornet - terutama ketika Naval Integrated Fire Control - jaringan Air Counter menjadi online.

Kesimpulan:
Intinya adalah untuk saat ini F/A-18E/F Super Hornet belum akan menjadi pesawat siluman, namun dapat menawarkan solusi 80 persen lebih murah untuk kebutuhan Angkatan Laut AS. Setelah dikembangkan ke potensi penuhnya, Advanced Super Hornet akan mampu melaksanakan sebagian besar misi yang mampu dilakukan oleh F-35C kecuali mungkin untuk melakukan serangan penetrasi - karena harus bergantung pada senjata untuk misi itu.

Angkatan Udara A.S. tidak akan begitu senang, tetapi jika dipaksa harus bekerja dengan Advanced Super Hornet, mereka tetap akan beradaptasi namun dengan keengganan. Untuk Marinir, mereka hanya akan kurang beruntung dengan ketidakmampuan Super Hornet untuk lepas landas pendek / pendaratan vertikal. Tapi bagaimanapun, keinginan Trump jelas akan memacu persaingan antara Boeing dan Lockheed Martin dalam upaya untuk memberikan harga terbaik untuk pesawat mereka.

Resources
  • BI