Sabtu, September 29, 2018

Jet Tempur Termahal di Dunia Alami Kecelakaan Pertama

Lokasi jatuhnya F-35
Lokasi jatuh F-35B di South Carolina, Jumat, 28 September 2018 (Foto: @SamRichardsonAM)

Insiden ini dapat menimbulkan keraguan tentang penjualan F-35 ke Inggris, Australia, dan negara-negara lain.

F-35, jet tempur termahal AS, jatuh untuk pertama kalinya pada hari Jumat (28/9/2018) di South Carolina, hanya beberapa jam setelah F-35 melakukan debut pertempurannya di Afghanistan.

F-35 B yang harganya lebih dari $ 100 juta, yang mampu lepas landas pendek dan pendaratan vertikal dari skuadron pelatihan di Marine Corps Air Station Beaufort, di South Carolina, jatuh dan hancur total, seorang pejabat AS mengonfirmasi dilansir Foreign Policy. Pilot keluar dengan aman dari pesawat satu kursi tersebut dan dievaluasi oleh personel medis, menurut juru bicara Korps Marinir Kapten Christopher Harrison. Tidak ada korban sipil.

Ini adalah minggu tertinggi dan terendah bagi jet tempur siluman AS tersebut, yang menurut perkiraan Departemen Pertahanan AS akan menelan biaya lebih dari $ 1 triliun selama masa abdinya.

CNN pertama kali melaporkan bahwa F-35B yang beroperasi dari kapal serbu amfibi USS Essex AS menyerang target Taliban di Afghanistan, menjadi pertempuran sukses pertama F-35 yang penuh kontroversi. Dan Pentagon mengumumkan sebelumnya pada hari Jumat bahwa itu mereka telah mencapai kesepakatan dengan Lockheed Martin untuk harga per unit varian F-35A menjadi di bawah $ 90 juta, untuk pertama kalinya.

Namun, kecelakaan pada hari Jumat menimbulkan keragu-raguan tentang kelayakan pesawat termahal di Lockheed Martin tersebut karena pengiriman telah ditetapkan untuk AS dan negara sekutu AS.

F-35 sebenarnya masih belum menyelesaikan periode uji kritis terakhirnya; itu faktanya, pengujian operasional dijadwalkan akan dimulai pada bulan September, tetapi pengujian ditunda hingga F-35 mendapatkan perangkat lunak terbaru.

Inggris berencana untuk mengakuisisi 138 unit F-35B untuk dioperasikan dari dek kapal induk kelas Ratu Elizabeth yang baru, dan memulai operasi penerbangan dengan empat F-35Bs musim panas ini di Royal Air Force Marham di Inggris timur. Italia dan Australia juga membeli varian F-35B untuk kapal induk Cavour Angkatan Laut Italia dan kapal amfibi kelas Canberra milik Angkatan Laut Australia.

Korps Marinir AS mulai menggunakan F-35 pada tahun 2015 dan Angkatan Udara dengan F-35A pada tahun 2016. Amerika Serikat telah menempatkan F-35 di Eropa, Pasifik, dan, terakhir, ke Timur Tengah. Beberapa sekutu AS telah mulai menerbangkan F-35 mereka sendiri, dan Angkatan Udara Israel dilaporkan menggunakan jet ini dalam pertempuran di Timur Tengah awal tahun ini.

Terlalu dini untuk mengatakan apakah F-35 akan 'dikandangkan', sebuah langkah yang mungkin menunjukkan masalah yang lebih berat. Richard Aboulafia, seorang analis dari Teal Group, meyakini bahwa kecelakaan itu tidak mungkin karena cacat desain. Dia menganggap itu lebih mungkin karena masalah pemeliharaan, kesalahan pilot, atau kesalahan manufaktur.

Aboulafia meyakini kecelakaan tidak akan menjadi kemunduran besar untuk program F-35 di Amerika Serikat atau di luar negeri.

"Setiap program pesawat memiliki tragedi dan kemundurannya," kata Aboulafia. "Jika ada, F-35 memiliki bencana yang lebih sedikit (dari program pesawat tempur lainnya)."

AV-8B Harrier, pesawat 'jump jet' Korps Marinir AS, pelopor pesawat lepas landas pendek yang kemudian diganti degan F-35B, telah mengalami 13 kali kecelakaan, 12 di antaranya berakibat fatal, dan terjadi pada tahun 1970-an. Harrier pertama mulai terbang pada tahun 1967.

F-35 yang jatuh itu milik Marine Fighter Attack Training Squadron 501, skuadron pelatihan untuk pilot F-35B AS dan internasional. Pilotnya adalah instruktur dari AS. (fr)