Minggu, Maret 22, 2020

Helikopter Tempur Ka-50 Black Shark Hokum Rusia

Ka-50 Rusia
Kamov Ka-50 Rusia (Gambar: Wiki Common)

Helikopter tempur Ka-50 Black Shark dikembangkan oleh Kamov Helicopters JSC. Kode nama NATO-nya adalah Hokum A, sedangkan Hokum B adalah versi dengan dua tempat duduk atau Ka-52.

Ka-50 juga dikenal sebagai Werewolf. Helikopter yang berkinerja tinggi ini memiliki kemampuan tempur siang dan malam, survivabilitas dan daya tembak tinggi untuk mengalahkan target udara dan tank-tank berat lapis baja yang bersenjata anti udara.

Ka-50 memasuki layanan di Angkatan Darat Rusia sejak tahun 1995, dan diproduksi di Perusahaan Penerbangan Sazykin yang berbasis di wilayah maritim Arseniev, Rusia.

Helikopter Tempur Ka-50
Helikopter tempur Ka-50
Helikopter Tempur Ka-50
Ka-50 memasuki layanan di Angkatan Darat Rusia pada tahun 1995

Permintaan pertama Angkatan Darat untuk delapan helikopter Ka-50 telah dipenuhi. Pada tahun 2005, 12 Ka-52 juga harus dibeli oleh Angkatan Udara Rusia untuk kepentingan operasi khusus, namun dana pembeliannya telah dipotong. Pada akhir 2008, Angkatan Udara Rusia telah mengoperasikan 15 helikopter Ka-50 dan 10 helikopter Ka-52. Hingga saat ini total Rusia sudah mengoperasikan lebih dari 32 unit Ka-50 dan 75 unit Ka-52.

Versi tempur malam yaitu Ka-50N, dilengkapi dengan Samshit-50T thermal imager, day TV dan laser rangefinder, dan Kanov juga telah bekerjasama dengan Industri Penerbangan Israel (IAI) untuk membuat versi Ka-50-2 Erdogan yang kompatibel dengan senjata NATO dan kokpit yang dibuat oleh Israel.

Desain Ka-50
Desain rotor koaksial memberikan kemampuan terbang dengan ketinggian 4.000 m dan mendaki secara vertikal setinggi 10 m/detik di altitude 2.500 m. Baling-baling terbuat dari bahan polimer. Hasil konfigurasi rotor koaksial di momen nilai inersia yang relatif antara sumbu vertikal dan lateral adalah 1,5 sampai 2 kali lebih kecil dari nilai helikopter yang berotor tunggal dengan rotor ekor.

Tidak adanya rotor ekor pada Ka-50 memungkinkannya untuk melakukan putaran datar dalam kecepatan penuh. Vertikal g-load maksimal sebesar 3,5 dikombinasikan dengan momen inersia yang rendah memberikan Ka-50 tingkat kelincahan yang tinggi.

Tambahan lapisan baja yang dipasang di kokpit pilot dapat melindungi dari senjata 12,7 mm dan proyektil 23 mm. Baling-baling di desain dapat menahan beberapa tembakan senjata otomatis dari darat.

Helikopter Tempur Ka-50
Kamuflase helikopter tempur Ka-50 Black Shark, dengan desain rotor koaksial, mampu terbang di ketinggian 4.000m

Ka-50 adalah helikopter pertama yang operasional di dunia yang dilengkapi dengan sistem kursi ejeksi (lontar) penyelamatan, yang memungkinkan pilot untuk menyelamatkan diri di semua ketinggian dan kecepatan. Sistem ejeksinya bernama K-37-800, diproduksi oleh Zvezda Research dan beberapa gabungan perusahaan di Moskow.

Order Ka-50 Black Shark
Pada tahun 2015, Mesir menandatangani kesepakatan untuk pembelian 46 helikopter Ka-52, kontrak ini diharapkan akan selesai secara penuh pada tahun 2020. Rusia mulai memproduksi model ekspor pertama pada awal 2017, secara keseluruhan produksi berlipat ganda untuk memenuhi permintaan baru.

Batch pertama dari 3 helikopter tempur  Ka-52 dikirim ke Mesir pada bulan Juli 2017, dengan batch kedua dengan jumlah yang sama dikirimkan pada bulan Agustus. Kemudian pada akhir tahun 2017, Mesir kembali menerima 19 Ka-52.

Berbeda dengan model dasar, Ka-52 Mesir menggunakan bahan anti-korosi dan memiliki struktur badan pesawat yang diperkuat. Mendapatkan roda pendaratan baru yang dirancang untuk meningkatkan berat lepas landas dari helikopter. Model Mesir ini menghadirkan avionik terbaru dan sistem pendingin baru untuk beroperasi di iklim panas.

Helikopter ini dilengkapi dengan OES-52 observasi elektro-optik dan sistem penargetan laser baru, menggantikan standar GOES-451 yang dipasang di bawah hidung. Sistem optronic baru mulai dikembangkan pada 2011 sebagai kolaborasi antara Kamov dan Sagem, dan didasarkan pada Sistem pengamatan STRIX perusahaan Perancis. OES-52 menyediakan jangkauan deteksi dan pengenalan target yang lebih besar.

Helikopter ini memiliki radar pulsa koheren Arbalet-52 Dual-band, yang memiliki jangkauan pemetaan Bumi 32 km dan jangkauan deteksi 25 km untuk target darat dan 15 km untuk target udara.

Helikopter Tempur Ka-50
Helikopter tempur Ka-50 Black Shark dengan persenjataannya. Maksimum beban senjata adalah 2 ton.

Persenjataan
Kombinasi berbagai persenjataan untuk beban senjata maksimal 2 ton dapat dipilih sesuai misi, termasuk anti tank, roket dengan kaliber berbeda, rudal udara-ke-udara, bom dan senjata lainnya.

Helikopter Tempur Ka-50
Ka-50 dilengkapi dengan 4 unit suspensi underwing dan wingtip countermeasures pods

Helikopter ini memiliki sayap mid-mounted kecil, dilengkapi dengan empat unit suspensi underwing dan wingtip countermeasures pods. Dua belas Rudal supersonik Vikhr anti tank dapat dipasang di dua bagian underwing eksternal. Rudal Vikhr masih efektif untuk ditembakkan dari jarak 8 km, mampu menembus semua jenis lapis baja dan lapis baja aktif dengan ketebalan 90 cm.

Ka-50 dipersenjatai dengan senapan tembak cepat 2A42 30mm, yang dapat digunakan untuk target udara dan darat. Senjata ini dilengkapi dengan 460 butir amunisi. Untuk setiap putaran tembak, berat amunisi adalah 0,39kg dengan kecepatan peluru 980m/dtk dan jangkauan hingga 4 km.

Avionik
Sistem penerbangan termasuk sistem navigasi inersia (INS), autopilot dan head-up display (HUD). Sensor mencakup inframerah dan radar.

Countermeasure
Ka-50 dilengkapi dengan radar penerima peringatan bahaya, sistem perang elektronik, chaff dan flare dispenser.

Helikopter Tempur Ka-50
Helikopter tempur Ka-50 Black Shark terbang rendah.

Mesin
Ka-50 didukung oleh dua mesin TV3-117VMA turboshafts, masing-masing memberikan 2.200 hp (tenaga kuda). Mesin ditempatkan di kedua sisi badan helikopter untuk meningkatkan survavibilitas tempur. Helikopter juga memiliki Unit Daya Tambahan (APU) untuk operasi mandiri.

Kinerja
Helikopter tempur Ka-50 bisa mendaki dengan kecepatan 16 m/detik. Dapat terbang pada kecepatan maksimum 390 km/jam. Jarak tempuh operasinya 1.180 km lebih. Radius pertempuran 460 km. Berat helikopter sekitar 7.800 kg dan maksimum berat lepas landas adalah 10.800 kg.

Karakteristik umum
Kru: Satu (untuk Ka-52: dua)
Panjang: 16 m
Diameter rotor: 14,5 m
Tinggi: 4,93 m
Daerah Disc: 330,3 m²
Berat kosong: 7.700 kg
Berat penuh: 9.800 kg (Ka-50) dan 10.400kg (Ka-52)
Max. berat lepas landas: 10.800 kg
Mesin: 2 × Klimov TV3-117VK turboshafts, 1.641 kW (2.200 shp) masing-masing

Performa
Kecepatan maksimum: 315 km/jam (belum pernah mencapai kecepatan 350 km/jam)
Kecepatan jelajah: 270 km/jam
Jangkauan: 545 km
Jangkauan tempur: 470 km
Jangkauan ferry: 1.160 km
Service ceiling: 5.500 m
Daya daki: 12 m/dtk

Persenjataan
Guns: 1× mobile semi-rigid 30 mm Shipunov 2A42 cannon
Hardpoints: 4 (6 on Ka-52) under-wing hardpoints, plus 2 pada wingtips untuk countermeasur atau rudal udara-ke-udara dengan kapasitas total 2.000 kg, dengan provisi untuk membawa kombinasi dari roket (80 × 80 mm S-8 rockets dan 20 × 122 mm S-1), rudal (2 × APU-6 Missile racks, mampu mengakomodasi total 12 × 9K121 Vikhr rudal anti tank, Vympel R-73, Kh-25), Bom (4 × 250 kg atau 2 × 500 kg), dan lainnya (23 mm UPK-23-250 gun pods dan 500 L bahan bakar eksternal).