Sabtu, Maret 24, 2012

Pistol Revolver Belati Presiden Peru


Pistol Revolver Belati Presiden Peru
Revolver belati

Ini adalah pistol tapi juga merupakan sebuah belati yang terbungkus dalam sebuah "peti mati" yang indah. Pistol revolver belati ini khusus dibuat oleh perusahaan Perancis Lefauchaux Casimer & Eugene pada tahun 1870 untuk presiden ke-19 Peru Jose Balta.

Jose Balta digulingkan dan ditembak mati oleh Thomás Gutiérrez, seorang menteri pertahanan di kabinetnya sendiri. Empat hari kemudian, Tomás Gutiérrez menjalani hukuman gantung.

Pistol ini sangat unik untuk ukuran sebuah revolver buatan Perancis. Terlihat di gambar, ini bukan hanya sebuah pistol revolver tapi juga sebuah belati.

Jose Balta lahir di kota Lima, Peru pada 25 April 1814. Dia adalah seorang prajurit dan politikus yang menjadi presiden Peru yang ke-19 pada tahun 1868-1872, tahun yang sama dengan kematiannya.
Jose Balta

Pada usia 16 tahun, Jose Balta masuk ke Akademi Militer dan lulus 3 tahun kemudian dengan pangkat sersan. Di usia 38 tahun dia berpangkat kolonel. Selama rentang tahun 1830-an ia bergabung dengan tokoh-tokoh pergerakan untuk restorasi kala itu antara lain Luis Jose de Orbegoso dan Felipe Santiago Salaverry. Pada tahun 1865 ia membantu Mariano Ignacio Prado untuk memperebutkan kursi kepresidenan. Pada tahun 1867 giliran Jose Balta pula yang menggulingkan Prado.

Sebagai presiden Peru, ia membangun kembali hukum-hukum konstitusional dan membuat proyek-proyek besar dengan banyak dana untuk perbaikan nasional. Tapi apa yang terjadi malah sebaliknya, pemerintahan Peru tenggelam dalam hutang akibat banyaknya pengeluaran "mewah" di masa pemerintahannya. Akhirnya Jose Balta digulingkan dan ditembak oleh anggota kabinetnya sendiri yaitu Thomás Gutiérrez.
Pistol Revolver Belati Presiden Peru
Revolver belati

Panjang pisau pistol ini adalah 10 3/8 inci, dengan lapisan emas ricasso 18 karat dan memiliki ukiran unik. Tertulis di situ "JB/28 Julio 1870". Dan ada tulisan tersamar "Alfredo Herouard/Lima". Pistol ini dihiasi dengan berbagai ukiran indah, namun didominasi motif bunga.

Dibalik pisau ada portal terbuka yang berlapis emas dan pegangan berukir yang terbuat dari kuningan di bagian belakang. Kapasitas pistol ini adalah 6 peluru. Laras pistol 3 1/4 inci dipasang di sisi kanan belati. Bagian atas laras tertulis "E.Lefaucheux BTE a Paris" (nama perusahaan pembuat). Loading Gate dipasang di sisi kanan frame dan ejektor dipasang pada bagian depan frame dan memutar ke arah laras jika tidak digunakan. Pistol dapat beraksi secara single maupun double.