Sabtu, April 11, 2020

Jerman Mulai Kirim Senapan Marksman untuk Angkatan Darat AS

Senapan M110A1 SDMR
Senapan SDMR di Fort Bliss, Texas, pada Januari 2019. (Foto: Brian Micheliche / US ARMY)

Kaiserslautern, Jerman - Pabrik senjata api Jerman Heckler & Koch telah mengirim batch pertama dari senapan marksman (penembak jitu) baru M110A1 Squad Designated Marksman Rifles (SDMR) ke Angkatan Darat A.S.

Antara 5.000 dan 6.000 pucuk senapan SDMR baru akan dikirimkan ke Angkatan Darat AS hingga pertengahan 2021, menurut pernyataan perusahaan dilansir laman Star and Stripes.

SDMR akan meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan bagi Angkatan Darat AS, yang memang menjadi prioritas utama bagi perusahaan terlepas dari kesulitan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, kata Presiden dan Kepala Operasi HK-USA Michael Holley dalam sebuah pernyataan.

Senapan baru ini akan menggantikan M-16 dan M-14 modifikasi era 1950-an, yang masih digunakan selama dekade terakhir dalam konflik di Afghanistan dan Timur Tengah.

SDMR adalah varian dari senapan Heckler & Koch G28 gas-operated, menggunakan amunisi NATO 7,62 mm dan dilengkapi dengan supresor (penekan).

Senapan M110A1 SDMR
Tim Tempur Brigade Stryker Angkatan Darat AS menembakkan senapan SDMR pada Januari 2019 di Fort Bliss, Texas. (Foto: Brian Micheliche / US ARMY)

SDMR diproduksi di Oberndorf di barat daya Jerman, kemudian dikirim ke fasilitas HK-USA di Georgia, AS, di mana scope, dudukan dan aksesori lainnya dipasang sebelum dikirim ke Angkatan Darat AS.

Heckler & Koch juga akan menyediakan suku cadang, dukungan, dan pelatihan, kata perusahaan itu.

Tugas marksman dalam pasukan infanteri adalah untuk melibatkan target secara akurat hingga sekitar 600 meter, sehingga memperluas jangkauan unit di luar jangkauan standar layanan.

Tidak seperti sniper (penembak runduk), yang sering bertindak secara independen, marksman biasanya beroperasi sebagai bagian dari tim. Juga berbeda dengan sniper, yang umumnya menggunakan senapan bolt-action khusus, marksman menggunakan senapan otomatis atau semi-otomatis.*