Jumat, Mei 04, 2018

Su-30SM Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Su-30SM

Sebuah jet tempur Sukhoi Su-30SM Rusia jatuh saat lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Suriah. Dua pilot yang ada di dalamnya tewas.

"Saat menanjak naik usai lepas landas dari pangkalan udara Hmeimim, jet tempur Rusia Su-30SM jatuh ke Laut Mediterania," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Kamis, 3 Mei 2018.

"Dua pilot, yang berjuang hingga saat-saat terakhir untuk menyelamatkan pesawat, tewas menurut laporan dari lokasi kejadian," imbuh pernyataan itu.

Jet tempur yang jatuh merupakan jenis Sukhoi-30SM dua pilot. Dioperasikan sejak tahun 2010 lalu, dan tergolong sebagai salah satu jet tempur canggih Rusia. Namun, Su-30SM adalah pesawat tempur dalam keluarga Su-30 Flanker yang akan dipensiunkan oleh militer Rusia.

Rusia merupakan sekutu rezim Presiden Bashar al-Assad dalam konflik Suriah. Di Suriah, Su-30SM digunakan untuk menembakkan rudal udara-ke-darat pada target-target pemberontak Suriah. Su-30SM juga digunakan untuk mengawal serangan pesawat pembom.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan jet tempur itu tidak diserang. "Pesawat tidak terkenal proyektil apapun," tegas Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

"Menurut informasi awal, alasan jatuhnya pesawat bisa jadi karena seekor burung masuk ke dalam mesin," imbuh pernyataan itu. Pesawat nahas itu sendiri tidak terbakar dalam kejadian tersebut.

Insiden ini menambah daftar personel militer Rusia yang gugur dalam operasi di Suriah. Sejauh ini sedikitnya 86 personel militer Rusia tewas di Suriah. Insiden paling mematikan terjadi pada Maret lalu, saat sebuah pesawat transpor jatuh saat akan mendarat di pangkalan udara Hmeimim. Sedikitnya 39 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Pesawat militer Rusia ditempatkan di Suriah sebagai bagian dari kesepakatan antara Moskow dan Damaskus. Pada 2017, pihak berwenang Rusia dan Suriah sepakat untuk memperpanjang kehadiran mereka di negara itu setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan penarikan sejumlah besar pasukan dari Suriah.

Pangkalan udara Khmeimim dekat Latakia dan situs angkatan laut di kota pelabuhan Tartus telah diserahkan ke Rusia selama 49 tahun dengan opsi perpanjangan otomatis.

Resources
  • https://news.detik.com/internasional/d-4003110/ada-burung-masuk-ke-mesin-jet-tempur-rusia-jatuh-di-suriah
  • https://international.sindonews.com/read/1302738/41/burung-tabrak-mesin-pesawat-jet-tempur-rusia-jatuh-di-suriah-1525340411