Minggu, Desember 02, 2012

Simulasi Tempur 716 Prajurit Kodam Iskandar Muda

Simulasi tempur prajurit TNI Kodam Iskandar Muda
Personil TNI dari berbagai kesatuan mengikuti apel persiapan pembukaan simulasi tempur di Batalyon Infantri 111 Karma Bhakti Kompi Senapan B/Aceh Timur, propinsi Aceh, Sabtu (1/12)
(FOTO ANTARA/Ampelsa/ss/pd/12)

Sedikitnya 716 prajurit jajaran Kodam Iskandar Muda melakukan simulasi latihan tempur selama dua pekan di Kabupaten Aceh Timur. Menurut Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Zahari Siregar di Banda Aceh, Simulasi Batalyon Tim Pertempuran (BTP) merupakan program TNI memelihara dan meningkatkan kualitas tempur sebagai tugas pokok tentara," kata

Ditegaskan, latihan BTP dilakukan sebagai upaya mengasah kemampuan prajurit agar ilmu yang telah diperoleh di masing-masing tingkatan satuan tidak lupa. Latihan tersebut, kata Mayjen Zahari di bawah perintah operasi dari masing-masing komandan batalyon, yang diolah melalui simulasi dan "game" lewat peta dan film dipancarkan dengan proyektor untuk melawan insurjensi.

Polanya, kata Pangdam masih bersifat pembinaan latihan masing-masing dan diberikan puncak latihan dan gabungan semua unsur dari Kavaleri, Armed, Zipur dan bantuan lainnya, termasuk perhubungan, bekang, peralatan, kesehatan dan POM.

"Latihan ini diawali gladi posko satu kemudian dilanjutkan posko dua, dan baru 'drill' pertempuran yang juga  melibatkan masyarakat setempat," kata Pangdam Iskandar Muda.

Sumber : ANTARA