Lockheed C-5 Galaxy merupakan pesawat angkut militer besar yang dibangun oleh Lockheed (Amerika Serikat). Pesawat ini digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan kemampuan transportasi strategis antar benua yang dapat membawa kargo dalam jumlah yang sangat besar. Sampai saat ini, rekor pesawat militer terbesar di dunia masih dipegang oleh C-5 Galaxy.
C-5 Galaxy awalnya mengalami perkembangan yang rumit dan diselimuti ketidakpastian, biaya pembuatannya membengkak signifikan dan Lockheed sangat mengalami kesulitan keuangan dalam membuat pesawat ini.
Tak lama setelah C-5 Galaxy memasuki masa baktinya, retak dan patah banyak ditemukan, dan USAF akhirnya membatasi kemampuan angkut dan terbang C-5 sampai perbaikan dilakukan. Super C-5M Galaxy merupakan varian baru dari C-5 standar dengan mesin baru dan perangkat avionik modern yang dirancang untuk tetap bertahan hingga tahun 2040.
Karakteristik Galaxy C-5
Pesawat ini dilengkapi dengan 4 mesin yang masing-masing menghasilkan tenaga dorong sebesar 43.000 pon. Rentang sayap 67,9 meter, panjang 75,3 meter dan berat 349 ton serta membutuhkan 193.620 liter bahan bakar untuk "full tank".
Untuk pesawat sekelas, jarak take off dan landing C-5 Galaxy tergolong cukup pendek yaitu 2,6 km untuk take off dan 1,1 km untuk landing.
Daya angkut C-5 Galaxy mencapai 120 ton dan pesawat ini dirancang dengan 2 kompartemen yaitu dek bawah yang digunakan untuk kargo dan dek atas untuk personel. Ukuran kompartemen kargo C-5 adalah 30,5 m(P) 5,24 m(L) 4,11 (T). Kompartemen kargo ini terbilang sangat besar, bisa membawa truk, tank, helikopter bahkan pesawat tempur dan muatan-muatan besar lainnya.
Dek atas terdiri dari 2 bagian yaitu dek belakang untuk penumpang/personel yang berjumlah 80 kursi lengkap dengan fasilitas ruangan penunjang dan dek depan untuk kru pesawat yang terdiri dari kokpit, dashboard teknisi penerbangan, toilet dan ruang santai.
Misi-misi Yang Diemban C-5 Galaxy
C-5 Galaxy telah dioperasikan oleh USAF sejak tahun 1969. Pada waktu itu, C-5 digunakan untuk mendukung operasi militer Amerika Serikat di semua kontingen utama termasuk Vietnam, Irak, Yugoslavia dan Afganistan, serta untuk mendukung sekutu yaitu Israel selama perang Yom Kippur dan operasi NATO pada perang Teluk.
C-5 Galaxy juga telah digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana dan untuk mendukung program Space Shutttle yang merupakan program NASA.
Berbagai Masalah Timbul Dalam Pengembangan C-5 Galaxy
Galaxy C-5 pertama telah dirilis dari pabrik di Marietta, Georgia pada tanggal 2 Maret 1968. Pada tanggal 30 Juni 1968 penerbangan pertama pun dilakukan dengan diterbangkan oleh pilot Leo Sullivan. Dari situ diketahui gaya angkat maksimum C-5A belum sesuai seperti yang diharapkan.
Bobot pesawat menjadi masalah yang serius selama tahap desain dan pengembangan.
Pada saat penerbangan pertama, bobot pesawat sudah sesuai tapi setelah pengiriman pesawat yang ke-9, bobot pesawat melebihi yang diharapkan. Tidak hanya di permasalahan di bobot tapi juga banyak masalah lain seperti banyaknya keretakan pada sayap.
Biaya yang membengkak dan permasalahan teknis dari C-5A menjadi subjek penyelidikan serius bagi Kongres Amerika Serikat pada tahun 1969. Overruns biaya untuk program pertamanya saja mencapai 1 miliar dolar.
Spesifikasi C-5 Galaxy
Peran: Angkut strategis
Penerbangan pertama: 30 Juni 1968
Digunakan: Juni 1970
Status: dalam layanan
Pengguna utama: Angkatan Udara Amerika Serikat
Jumlah produksi: 131 (C-5A: 81, C-5B: 50)
Karakteristik umum
Awak: 7 tipikal (komandan pesawat, pilot, 2 insinyur penerbangan, 3 loadmaster)
Kapasitas: 36 palet master 463L, 127.459 kg
Panjang: 75,31 m
Lebar sayap: 67,89 m
Tinggi: 19,84 m
Area sayap: 580 m2
Berat kosong: 172.365 kg
Berat kotor: 381.018 kg
Berat maksimal lepas landas: 417.305 kg
Kapasitas bahan bakar: 51.150 US gal (42.590 imp gal; 193.600 l)
Powerplant: 4 × Umum mesin CF6-80C2 turbofan Listrik, 51.000 lbf (230 kN) masing-masing.
Performa
Kecepatan maksimum: 462 kn (532 mph, 856 km / jam)
Kecepatan jelajah: 450 kn (520 mph, 830 km / jam) / M0.77
Jangkauan: 4.800 nmi (5.500 mi, 8.900 km) dengan muatan 54.431 kg. 2.300 nmi (4.260 km; 2.647 mi) dengan kapasitas kargo maksimum.
Terbang feri: 7.000 nmi (8.100 mil, 13.000 km) tanpa muatan di atas kapal.
Plafon servis: 41.000 kaki (12.000 m) dengan bobot 340.194 kg
Daya daki: 11 m / dtk
Rasio dorongan / berat: 0,26
Take-off run: 1.646 m
Landing run : 1.097 m