Rabu, Mei 30, 2012

Kutemukan Bunker Militer Bawah Tanah !

Bukan saya yang menemukan bunkernya ya. Saya hanya ingin mengajak Anda mengeksplorasi sebuah bunker militer yang telah ditinggalkan sejak Perang Dunia I berakhir.

Hal semacam ini adalah impian setiap anak kecil. Membayangkan petualangan melalui hutan belantara dan akhirnya tiba di sebuah depot pertahanan militer yang telah lama ditinggalkan, lalu terlihat sebuah pintu menuju ke bunker rahasia untuk Anda eksplorasi.

Anda akhirnya masuk ke bunker tersebut dan ternyata bunker tersebut sangat besar dan memiliki banyak ruang dan lantai.

bunker militer Perancis
Salah satu sisi bunker
bunker militer Perancis
Sisi lain bunker
pertanian jamur
Sisa-sisa pertanian jamur dari tahun 1970-an di sisi luar bunker
instalasi listrik
Instalasi listrik dalam bunker
jalan keluar bunker
Jalan keluar bunker
Pertanian jamur
Di salah satu bagian bunker yang berisi sisa-sisa pertanian jamur
tangga menuju ruangan bunker
Tangga menuju ruang lain bunker

Sekarang, kita menuju ke bagian menariknya.

Anda bukan saja secara mendadak menjadi "Indiana Jones" karena menjelajahi sebuah bunker rahasia militer, tapi Anda juga menemukan peralatan militer yang ditinggalkan! Anda pertama kali menemukan sepasang meriam Jerman 77mm yang sudah berkarat peninggalan Perang Dunia I.

peninggalan Perang Dunia I
Meriam Jerman 77mm peninggalan PD I
peninggalan Perang Dunia I
Meriam Jerman 77mm peninggalan PD I
Peninggalan Perang Dunia I
Meriam Jerman 77mm peninggalan PD I
Lalu Anda memasuki bunker lebih jauh, Anda menemukan berbagai peralatan tempur militer Perancis yang masih dalam kondisi yang baik, mengingat sudah lama alat tempur tersebut berada di bawah tanah bertahun-tahun.

Anda lalu mengarahkan pandangan ke kiri, ke kanan dan Anda melihat sebuah kendaraan lapis baja 6 roda ERC-90 Sagaie Perancis untuk pengintaian. Sayangnya meriam 90 mm tidak ada pada kendaraan itu, padahal biasanya kendaraan roda 6 itu selalu dipersenjatai dengan meriam 90mm.

Kendaraan lapis baja 6 roda
Kendaraan lapis baja ERC-90
kendaraan lapis baja 6 roda
Kendaraan lapis baja ERC-90

Selanjutnya Anda menemukan sebuah kendaraan lapis baja pengangkut personel VCR Panhard yang dalam kondisi yang hampir "sempurna". Kendaraan ini bukan peninggalan Perang Dunia I, ERC-90 saja baru muncul pada 1975. Artinya setelah tahun 1975 kendaraan ini baru masuk ke bunker ini.

kendaraan lapis baja angkut personel
VCR Panhard kendaraan lapis baja pengangkut personel
Kendaraan lapis baja angkut personel
VCR Panhard kendaraan lapis baja pengangkut personel
Bagian dalam
Bagian dalam VCR Panhard kendaraan lapis baja pengangkut personel

dan akhirnya Anda menemukan sebuah truk militer tua.

Truk tua militer Perancis
Truk tua Perancis

Anda dapat menemukan bunker rahasia ini secara nyata dengan syarat Anda harus pergi ke Prancis lalu menemukan sendiri bunker ini yang telah digunakan ketika Perang Dunia I. karena penemunya tidak mau mengungkapkan lokasinya.

Foto-foto mengagumkan ini diambil oleh S. Marshall di Pridian.net pada tahun 2008 lalu dengan tidak mengungkapkan lokasi pengambilan foto tersebut.

Biasanya bunker yang penuh dengan peralatan tempur berkarat dari Perang Dingin dan Perang Dunia II rumornya sudah tersebar ke seluruh Eropa bahkan dunia. Angkatan Darat AS dikabarkan juga memiliki bunker besar untuk tank "prepositioned" di Jerman, warisan perang dingin. Biasanya, bunker militer yang ditemukan kosong dan berantakan (seperti bunker bawah tanah Rusia yang terkenal lalu berubah menjadi museum di Ukraina).

Apakah bunker diatas cuma rumor belaka? Semua rumor belum tentu benar, tetapi juga  belum tentu salah. Bila bunker tersebut memang benar-benar ada, ini pasti bisnis yang menguntungkan!