Rabu, Mei 16, 2018

Tankenstein, Mungkin Satu-satunya Tank Hot Rod di Dunia


Shawn Cormier dari Kanada menciptakan mobil yang keren, yakni sebuah tank hot rod - istilah hot rod mengacu pada mobil klasik /tua bermesin besar yang dimodifikasi untuk kecepatan linier.

Layaknya proyek-proyek militer, tank hot rod yang diberi nama Tankenstein ini belum tuntas meskipun telah dikerjakan selama 5 tahun. Cormier sendiri memiliki misi untuk membuat tank hibrid ini menjadi lebih mumpuni dan enak dipandang.

Tankenstein

Sama halnya dengan monster Frankenstein yang tubuhnya merupakan gabungan dari berbagai rupa organ manusia yang berbeda, Cormier juga menggunakan parts mekanik apapun yang tersedia untuk membangun Tankenstein. Di antaranya adalah bagian bawah Tankenstein menggunakan parts dari Bren gun carrier - kendaraan lapis baja ringan infanteri Inggris pada Perang Dunia II.

Bren gun carrier
Bren gun carrier Perang Dunia II
Pada bagian atas atau kabin, Cormier menggunakan suku cadang dari truk derek Mercury tahun 1947, lengkap dengan kaca jendela orisinalnya. Tank ini ditenagai mesin V8 5,0 liter yang bisa mencapai top speed antara 72-80 kilometer per jam.

Cormier mengestimasikan biaya untuk membangun tank hotrod ini sekitar US$ 2.500 atau sekitar Rp 35 juta. Harga yang menarik untuk kendaraan seunik ini.

Agar penampilan semakin lengkap, Cormier mengenakan pakaian militer saat mengendarai Tankenstein. Bahkan dia juga membawa senjata Tommy mainan bersamanya. Bendera Kanada ditambahkan pada Tankenstein untuk menambah kesan patriotik, namun bendera tersebut menjadi cepat berlumpur di kendaraan ini.


Ketika sedang tidak mengerjakan Tankenstein, Cormier menyibukkan diri dengan proyek lainnya, seperti apa yang dia sebut Black Widow Monster Trike. Truk rig yang aneh ini memiliki tiga roda raksasa yang dikombinasikan dengan berbagai komponen dari Chevrolet Corvette dan S10 pickup.

Tankenstein

Tankenstein terlihat gampang-gampang susah untuk dikendalikan. Proyek kendaraan Frankenstein ini sebagian besar telah selesai, Cormier hanya tinggal melakukan sedikit sentuhan finishing untuk membuat mesinnya berjalan sempurna.

Resources
  • https://otomotif.tempo.co/read/1089244/tankenstein-tank-perang-dunia-2-menjelma-mobil-hot-rod
  • https://drivemag.com/news/tankenstein-is-the-only-hotrod-tank-in-the-world
  • Gambar: Internet